BERITA LEBAK :: Senin, 08-01-2018

Berkat Putusan MK untuk Warga Baduy

Liputan6.com, Lebak - Masyarakat Baduy merasa senang karena kepercayaan mereka bisa tercantum sebagai agama pada kolom kartu tanpa penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) melalui keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami penganut kepercayaan 'Selam Sunda Wiwitan' ingin keputusan MK tersebut secepatnya direalisasikan," kata Santa (45), seorang warga Baduy di Lebak, Rabu (8/11/2017), dilansir Antara.

Masyarakat Baduy menyambut positif keputusan MK yang mengabulkan uji materi UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Melalui keputusan MK tersebut, ribuan penganut kepercayaan masyarakat Baduy di Kabupaten Lebak diberi hak untuk mengisi kolom agama pada KTP dan KK.

Sebelumnya, kata dia, kepercayaan masyarakat Baduy "Selam Sunda Wiwitan" dikosongkan pada kolom agama KTP dan KK.

"Kami menilai keputusan MK sangat bagus sehingga penganut kepercayaan bisa ditulis pada identitas itu," katanya.

Menurut dia, keputusan MK itu berdampak pada pengakuan negara atas kepercayaan masyarakat Baduy secara legal formal dalam dokumen kependudukan. Meski telah lama dan turun-temurun dianut masyarakat Baduy, aliran kepercayaan itu tak tercantum dalam kolom agama di KTP dan KK sejak 2013. Padahal, dalam kurun 1970-2013, kepercayaan mereka tercantum di KTP.

Karena itu, sambung dia, pemerintah harus merealisasikan keputusan MK dalam pembuatan KTP dan identitas lainnya dengan menerima pencantuman penganut kepercayaan warga Baduy.

"Kami berharap kolom agama warga Baduy itu memiliki hak persamaan dan kebersamaan untuk keperluan identitas yang berlaku di Indonesia," katanya.

Samari (55), warga Baduy lainnya mengatakan bahwa putusan MK yang membolehkan penganut kepercayaan tercantum pada kolom agama KTP dan KK merupakan wujud jaminan negara kepada rakyatnya.

Sebab, rakyat Indonesia memiliki ribuan penganut kepercayaan sehingga perlu perlindungan pemerintah. "Kami berharap putusan MK itu bisa secepatnya dilaksanakan," katanya.

...
Nama :
Email :
Komentar :
 
Kirim
Arsip Berita Lebak