BERITA POLITIK :: Senin, 08-01-2018

Calon Tunggal Menguat, Inkumben Kuasai Mayoritas Suara DPRD Lebak

Lebak - Pilkada Lebak berpotensi hanya memunculkan calon tunggal. Pasangan petahana Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi saat ini sudah mengantongi sebagian besar dukungan partai.

Iti sendiri adalah Ketua DPD Demokrat Provinsi Banten. Ia adalah anak dari mantan bupati Lebak Mulyadi Jayabaya yang menjabat selama 10 tahun. Sedangkan Ade adalah Ketua DPC PDIP Lebak.

Calon wakil bupati Lebak Ade Sumardi saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini dirinya bersama Iti sedang melakukan pendekatan ke berbagai partai di Jakarta. Hari ini saja, ia akan bertandang ke Golkar, PKB, PPP, dan Gerindra.
 

"Doain saja, mohon doanya nanti ibu (Iti) yang akan menjelaskan, setelah itu baru kita konferensi pers," kata Ade melalui sambungan telepon kepada detikcom, Lebak, Banten, Jumat (5/1/2017).

Sementara itu, sebagian besar pengurus partai di Banten juga mengaku sudah memberikan dukungan kepada kedua pasangan petahana ini.

Sekretaris Dewan Syuro PKB Banten Toni Mukson mengatakan, partainya sudah bulat mendukung pasangan Iti-Ade di Pilkada Lebak. Ia menilai, kedua pasangan ini sukses menjabat sebagai bupati dan memiliki gaya komunikasi baik dengan partai.

Ia pun tidak menampik bahwa di Lebak kemungkinan selurruh partai akan merapat kepada pasangan ini.

"Saya kita itu (satu calon) terjadi kalau nggak salah. Wajar kita teruskan satu periode lagi," katanya saat dikonfirmasi.

Senada dengan PKB, PKS yang memiliki 5 kursi di DPRD Lebak pun sudah memberikan dukungan rekomendasi ke pasangan Iti-Ade. Menurutnya Ketua DPW PKS Banten Miftahudin, kondisi politik di Lebak tidak memungkinkan partai untuk membangun koalisi melawan pasangan tersebut.

"Salah satunya kondisinya seperti itu, kalau tidak berkoalisi, nggak masuk juga," paparnya.

Selain Lebak, di tiga daerah di Banten PKS menurut Miftahudin sepakat mendukung petahana. Di Kota Tangerang, partainya sepakat mendukung Arief Wismansyah-Sachrudin dan Kabupaten Tangerang mendukung pasangan Zaki Iskandar-Romli.

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra Banten Desmon J Mahesa tidak ada kader partai yang pantas maju di Pilkada Lebak selain mendukung petahana. Gerindra, menurutnya sepakat kembali mengusung Iti-Ade maju kembali sebagai calon bupati dan wakil bupati.

"Kami tidak ada keder bisa bertarung di sana, tidak ada calon juga sebagai pilihan," katanya pada Rabu (13/13) lalu.

KPU sendiri memberikan syarat calon bupati dan wakil bupati Lebak yang diusung partai sebagai 10 kursi. Sebagai partai terbesar di Lebak, PDIP memiliki 10 kursi disusul Golkar 8 kursi, Demokrat 6 kursi, NasDem 6 kursi, PKB dan PKS 5 kursi, Gerindra dan PPP 4 kursi, PAN dan Hanura masing-masing 1 kursi.                   

...
Nama :
Email :
Komentar :
 
Kirim
Arsip Berita Politik